Puluhan Warga Salah Satu RT di Situbondo Mendadak Alami Keracunan

Puluhan Warga Salah Satu RT di Situbondo Mendadak Alami Keracunan – Beberapa puluh masyarakat salah satunya RT di Situbondo mendadak alami keracunan. Masyarakat Desa Awar-awar, Kecamatan Asembagus, ini terasa pusing serta mual-mual sesudah pulang dari arisan masyarakat.

Mereka rasakan tanda-tanda keracunan selesai hadir acara arisan atau pengajian teratur dalam suatu rumah masyarakat di Dusun Barat RT 01 RW 02 Desa ditempat, Senin (25/2) malam.

Tanda-tanda keracunan dihadapi seputar 49 masyarakat selesai memakan jamuan nasi soto ayam di acara arisan teratur itu. Sepulang dari arisan, beberapa bapak-bapak di RT ditempat langsung rasakan mual.

Masyarakat langsung memberi tahu Ketua RT ditempat, Harjono, yang lalu melanjutkan ke pihak berwajib. Tidak lama, masyarakat yang alami tanda-tanda keracunan langsung dibawa ke klinik serta puskesmas paling dekat. Beberapa pun dibawa ke RSU Asembagus.

“Masyarakat yang disangka keracunan itu ada 49 orang. Sejumlah besar anggota pengajian atau arisan teratur. Ada pula tetangga serta bagian keluarga tuan-rumah pengajian. Tetapi alhamdulillah barusan jam 01.30 WIB semua telah diizinkan pulang,” kata Kapolsek Asembagus, AKP Hariyono, Selasa (26/2/2019).

Anggota pengajian teratur itu sebetulnya sampai 50 orang. Akan tetapi, semalam waktu pengajian di dalam rumah masyarakat bernama Mustafa (43), masyarakat ditempat, tidak semua anggotanya ada. Mereka yang ada disajikan jamuan nasi soto ayam. Tanda-tanda keracunan itu baru dirasa masyarakat sepulang dari pengajian. Datang di dalam rumah, tidak diduga mereka rasakan pusing, mual, sampai muntah-muntah.

Selesai mendapatkan perawatan medis, sekitar 37 masyarakat langsung diizinkan pulang. Sesaat 12 yang lain sudah sempat dirawat intens oleh team medis. Semasing, di RSU Asembagus sekitar 5 orang, di Puskesmas Asembagus 4 orang, serta di Klinik Kecamatan Arjasa sekitar 3 orang. Mereka baru diizinkan pulang pagi hari barusan sesudah kondisinya lebih baik.

“Kami masih tetap menyelidik peristiwa ini. Semalam kami telah mengamankan beberapa bahan serta sisa masakan. Dari mulai kuah soto, penyedap perasaan, nasi, serta bahan soto. Akan kita bawa serta ke laboratorium di RSU Asembagus untuk dicek,” pungkas AKP Hariyono.